Bagaimana Tips mencetak Tetapi Dengan Desain Kita Sendiri Yang Lebih Efisien

27 03 2013

Selamat pagi agan-agan yang kece, , ,:)

Kali ini mimin mau share sedikit info yang mimin dapatkan dari buku koleksi mimin dan sudah ane coba juga, ,

banyak kendala ketika mau mencetak baliho/spanduk, mungkin agan-agan pernah mengalami juga seperti waktu kita di percetakan seperti ini:

1. Fontnya berubah ( karena font kita dengan di percetakan berbeda).

2. Ukuran yang terlalu besar misal sampai 100MB, wow pasti lelet tu kompi kalo segitu gedenya.

3. kok tidak bisa dibuka waktu di percetakan.

Mungkin masih banyak lagi, tetapi yang sering banyak kendala itu aja sih, , terus gimana min cara mengatasinya?…oke gan solusinya kurang lebih melakukan setting seperti ini.

Pengaturan Bidang Kerja

Mimin Kasih contoh Backdrop panggung waktu natal kemarin, misal ukuranya 6x4m ya gan. atur bidang pekerjaan menjadi meter, dengan demikian agan bisa mendesain dengan ukuran asli (6x4m). tidak perlu mendesain pada ukuran A4 dan ukuran lain. Untuk Mencetaknya tentu diperlukan alat cetak khusus ukuran bildboard dan Outdoor.

1

Resolusi

Yang perlu agan perhatikan adalah gambar bitmap. jangan agan samakan dengan cetak brosur dengan resolusi backdrop panggung. Untuk resolusi Brosur menggunakan Resolusi yang cukup tinggi yaitu (150-300 DPI) karena dilihat secara dekat. Sedangkan resolusi Backdrop/Billboard tidak perlu tinggi cukup menggunakan (20-50 DPI) Semakin Besar Ukuranya Buat Semakin Kecil juga Resolusinya Toh juga dilihat dari jauh. Dalam kasus ini bitmap foto menggunakan Resolusi 50DPI. Hasilnya masih Tajam . Jika agan-agan menggunakan Resolusi yang tinggi bisa-bisa File (*.cdr) agan akan membengkak Puluhan hingga ratusan Megabyte! bisa-bisa lelet dah Kompi agan.

Document Info

Nah sekarang bagaimana mengetahui ukuran file size,font, dan bitmap yang sedang agan kerjakan pada file (*.cdr). Mudah saja, Klik Menu File -> Documen Propertise, maka akan tampil seperti berikut.

2

Persiapan Cetak

Alat cetak yang digunakan untuk mencetak ukuran yang segitu besar dengan Ukuran 6x4m tidak semua orang mampu membelinya, hanya sebagian orang yang mempunyai seperti itu. Agan Bisa membawa file agan tadi (*.cdr) ke percetakan. Jika agan hanya mengkopy file *.cdr agan pasti akan banyak kendala waktu di buka dipercetakan seperti ‘missing Font’ (font tidak ada di pkom percetakan mengakibatkan font desainan agan tadi berubah) Berikut persiapan File agan sebelum di bawa ke percetakan.

  • Copy File font (*ttf). Caranya dengan copy manual lewat Control Panel-> Font windows agan.
  • Atau Secara otomatis di menu Corel Draw dengan Klik file->Prepare for Service bureau. seperti gambar berikut

4

5

6

7

8

9

10

11

12

  • Sebainkya agansimpan ke file *.cdr yang lebih rendah misal di X2 atau x3, jika Corel agan menggunakan versi yang baru sedangkan di Komp Percetakan menggunakan versi yang lama, hasilnya tidak bisa di buka. ya sekedar jaga-jaga aja lah gan.

Oke mungkin hanya itu saja yang mimin sampaikan, Selamat Berkarya gan.

 

Terimakasih sudah berkunjung di Pelangi Digital printing


Aksi

Information

Tulis Komen Di Bawah Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: