Tips dan Trik mencetak kertas Art Paper Menggunakan Inkjet Printer

17 02 2013

Selamat sore agan-agan semua, pada sore yang agak mendung ini di daerah Malinau admin akan berbagi Tips dan trik mengenai cara mencetak kertas art Paper menggunakan Inkjet Printer, mungkin sudah banyak yang tahu memang mengenai cara print art paper menggunakan Inkjet Printer , ya ,,sekedar pemberitahuan saja lah ya,,, :)

Apa Itu Art Paper ?

  • Menurut pengertian admin Art Papert adalah kertas yang mempunyai permukaan licin dan agak halus biasanya digunakan untuk cetak Kartu Nama, Brosur, Mini Brosur , Katalog, Daftar Menu Restoran, dll. Ukuranya pun beragam ada yang 85 gr sampai ukuran 150 gr.

banyak sebenarnya jenis-jenis kertas itu,tapi admin cuma ingin membahas mengenai Art Paper saja  kalau agan-agan ingin mengetahui berbagai jenis kertas bisa singgah di Sini dan Sini atau mungkin dengan bantuan mbah google dengan menuliskan keyword Macam-macam kertas untuk percetakan.

sebelum admin lanjutkan tips ini  mungkin agan-agan bisa sempetin buat kopi dulu atau hisap rokok satu batang lah agar tidak panik,,,,hheheheehe

Kembali ke Tang Top,,eh salah ,,,maaf maaf gan maksudnya kembali ke topik.. :D

Sekedar info saja alat yang admin pakai yaitu komputer OS : WIN XP dan Printer Canon Pixma ix6560 dan ini Tips untuk semua jenis printer Canon untuk jenis yang lain I dont no bisa atau tidak.

Oke yang pertama agan pilih Star->Printers and Faxes kemudian ada berbagai macam output-output hardware di situ Klik Kanan printer yang agan pakai kemudian pilih Printing Preferences. . . sebagai contoh admin Memilih Canon ix Series… lihat gambar di bawah ini

1

kemudian Pilih Menu Maintenence terus klik Custom Setting seperti gambar berikut

2

Muncul dialog seperti gambar dibawah pada option Ink Drying Wait Time pilih Long . apa sebabnya di pilih long, jawabanya eng ing eng supaya mengulur-ulur proses sapuan Catridge agar tidak Mblobor seperti kasus-kasus yang dihadapi ketika print kertas art paper dengan pengaturan biasa.

3

Eits,, Tunggu dulu jangan buru buru melakukan proses print ada satu yang belum diatur gan, ,Apa itu ? Yaitu Media Tipe dan quality . . . .atur media tipe dengan Glosy photo Paper dan Quality menjadi high,

4

 sudah diketahui bahwasanya kertas Art Paper mempunyai permukaan yang licin jadi wajib menggunakan media tipe glosy. . . Oke sekarang agan-agan silahkan coba untuk print. . . . sekedar info lagi proses yang dibutuhkan untuk print tersebut waktunya agak lama soalnya memakai pengaturang ink drying wait time nya menggunakan yang versi lama….jadi tidak heran menunggu lama untuk cetak satu lembar bahkan sampai 1 menitana,.

sekian dulu tips dari saya semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian

Terima kasih telah mengunjungi Pelangi Digital Printing

About these ads

Aksi

Information

19 responses

30 08 2014
javanal

mas klo pake printer epson l110 gimana setingnya..?

31 08 2014
pelangimalinau

coba pakai tinta artpaper bro,,, tanya di toko print terdekat…

8 08 2014
DEWA

gw bsa print stiker glossy dg printer canon dan hp. dilaminasi dg pilox clear. mantap!

29 04 2014
Sonja

I like the helpful information you provide in your articles.
I’ll bookmark your weblog and check again here regularly.
I’m quite certain I will learn many new stuff right here!
Best of luck for the next!

26 03 2014
Creative Writing

Very good blog you have here but I was curious about if you knew of any forums that
cover the same topics talked about in this article?

I’d really like to be a part of community where I can get feed-back from other experienced
people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know.
Thanks!

6 01 2014
krypteria

pkai kertas vynil, dilaminasi dg pilox clear mantap!

31 08 2014
pelangimalinau

coba pakai tinta artpaper bro,,, tanya di toko print tersekat…

5 01 2014
abdur rasyid

wah bermanfaat banget infonya, thanxs lot langsung saya coba hasilnya maknyus……….bagus banget….

29 12 2013
Antok Sugianto

Untuk Tambahan nih gan ,betul komen dari agan MALVEROTH dilapisi clear,,saya sarankan pake produk JETCOAT,,gogling aja di google jetcoat indonesia (bisa order online), ,dijamin hasil mantab dengan tinta biasa ,pake jenis kertas ato bahan cetak apapun bisa,kalo pgen lebih awet lagi di tambah laminasi,,di jamin jos gandos,,, kalo tidak mau repot saya sarankan pake printer Epson T1100 ato Epson R1390 ukuran A3+ semua,,dan memakai tinta durabrite,, soalnya hasil cetakan dari Epson memang sangat memuaskan walaupun tidak dipungkiri lagi kalu cetak sangat lamban sekali,,tapi untuk percetakan kecil cukuplah,,,heheheh cuma saran gan,,,kalo salah tolong di tambahkan,,,terima kasih

28 12 2013
Carlos Siburian

Trims, sangat membantu..

29 12 2013
pelangimalinau

sama sama gan,,,terima kasih sudah berkunjung

8 10 2013
Muhamad Izzul Fiqih

terus terang saja…. saya masih gk ngerti alias gk mudeng

29 12 2013
pelangimalinau

bhehehehe,, pelan pelan gan,, dan teri makasih sudah berkunjung

29 09 2013
MALVEROTH

gw pkai tinta dye bsa print di stiker vinyl, kmdian gw lapisi dg pilox clear, mantap.

29 12 2013
pelangimalinau

tanks gan atas tambahan saran,,sangat membantu ane,, Terima kasih sudah berkunjung

18 08 2013
pelangimalinau

Untuk mas narendra : pake tinta ini gan Tinta Pigment / Durabrite dan ada juga pilihan dari cina dan korea tetapi entahlah hasilnya bagus atau tidak soalnya ane kalo buat stiker untuk jumlah yang lumayan memakai mesin Zhong-ye gan kalo yang aku coba dengan printer itu paling cuma pesanan buat produk roti,kopi,dll yang di kemas di plastik gan.

24 07 2013
narendra

lalu jenis apakah ada jenis tinta khusus untuk mencetak stiker vinyl menggunakan printer?

18 04 2013
sonicris

gan saya ingin bertanya apakah klau kita mencetak di atas kertas vinyl yg untuk stiker tintanya bisa menempel atau tidak y soalnya saya kemarin mencetak nya dan hasil nya tinta nya tidak menempel di kertas vinyl tersebut mhon pncerahan nya gan :D

27 04 2013
pelangimalinau

maaf untuk mas Sonicris baru bisa balas karena kesibukan dunia hehehe,,
menurut pengalaman si mimin ya print kertas vinyl standart dengan prin art paper ato print pigmen itu sebenarnya tidak bisa soalnya kertas stiker vinyl menggunakan bahan glosy berbahan plastik yang akibatnya jika di print tinta akan meleleh, , , tetapi ada kertas Sticker Vinyl yang bersifat waterproff gan, , hasilnya pun hampir mirip vinyl..tetapi harus menggunakan print tertentu dan settingan sedikit
seperti aku baca di mesincetakdigital.com
kurang lebih seperti ini
1.White Waterproof Sticker Vinyl. Nanti print di bagian warna yang lebih putih.

2. Untuk settingan printer pertama2 disarankan menggunakan EPSON PREMIUM GLOSSY dgn quality di set ke PHOTO. ( Hindari print dengan menggunakan High Resolution ). Setelah selesai print diamkan selama 20 – 30 menit supaya tinta mengering sempurna. Ini untuk pertama kali print (kalo selanjutnya tidak perlu dilakukan lagi ). Bawa Sticker yang sudah di print ke keran air. Lalu buka keran air, taruh stiker dibawah kran air. Lihat apakah tinta ada yang luntur. Kalo sudah tidak ada tinta yang luntur berarti settingan printer sudah benar. Jika ada tinta yang masih luntur, Juragan harus menggunakan EPSON GLOSSY, kalo masih luntur juga bisa menggunakan PLAIN PAPER. Tetapi kalo di printer Sy settingan yang EPSON PREMIUM GLOSSY sudah mantap.
Hasil Tajam, warna cemerlang. Saya rasa hasil sangat memuaskan walaupun jangan dibandingkan dengan hasil daripada menggunakan printer dgn tinta Eco-Solvent. Enakknya lagi kita bisa menerima order dengan kuantiti yang sedikit. Jadi tidak perlu harus puluhan ataupun ratusan sticker.

3. Proses Laminasi. Kalo Saya pribadi, Saya anjurkan jurangan harus melaminasi sticker ini. Karena selain warna akan lebih cemerlang karena Glossy, keawetan sticker juga akan jauh lebih lama. Untuk ketahanan daripada sticker vinyl menurut pabrik yang di USA bisa mencapai 1 tahun bahkan lebih tergantung daripada proses laminasi dan kwalitas tinta yang digunakan. Jelas kalo terkena sinar matahari terus menerus akan lebih cepat pudar dibandingkan jika hanya pagi aja terkena matahari sorenya tidak. ( Kekuatannya tergantung daripada situasi dimana stiker tersebut digunakan ). Kalo soal kehujanan atau kesiram air, kerendam ( asal jangan direndam terus2 an, karena lemnya yang lama2 terkelupas karena memang sticker ini tidak digunakan untuk didalam air) no problem. Saya sudah test itu semua. Yang belum ditest adalah ketahanan sampai berapa lama kekuatan tintanya bisa bertahan terkena Sinar Matahari, Hujan, dan faktor2 yang lain.

Selain dilaminasi juga bisa disemprot dengan sejenis cat semprot yang clear. Tapi usahakan pilih yang ada pelindung dari sinar UV nya agar warna lebih awet dan tahan lama.

Setelah dilaminasi : Saya menggunakan stiker ORACAL 651 transparan Glossy. Karena Stiker Oracal ini diklaim bisa tahan sekitar 3 tahunan berarti memiliki kekuatan menahan sinar UV. Dan ini sangat dibutuhkan supaya tinta pigment atau tinta Art Paper kita dapat bertahan lebih lama.

semoga membantu gan ya,, terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini,,jika ada salah kata mimin mohon maf gan ya



Tulis Komen Di Bawah Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 214 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: